Latest News

Tips Menjadi Penulis Sukses

Setiap orang tentu ingin meraih sukses dalam kehidupannya. Namun, setiap orang juga mempunyai definisi yang berbeda-beda tentang sebuah kesuksesan. Jika Anda ingin menjadi penulis, tentu Anda ingin menjadi penulis yang sukses, bukan?

Namun, untuk menjadi seorang penulis yang sukses adalah tidak mudah, perlu usaha untuk meraihnya. Memang, untuk menjadi penulis kita merasa berat di awalnya. Hal ini karena belum terbiasa atau memang bingung untuk memulainya.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi penulis yang sukses.

Mulai Menulis

Keinginan menulis hanya akan berakhir menjadi keinginan bila Anda tidak juga mau memulainya dari sekarang. Oleh karena itu, mulailah menulis tentang hal apa saja yang menurut Anda menarik dari lingkungan sekitar Anda.

Bila Anda senang menulis cerita fiksi atau tentang yang lainnya, buatlah sesuai dengan keinginan Anda. Tulis seberapa pun yang Anda mampu dalam setiap harinya. Pelan-pelan Anda akan terbiasa menulis dan bisa mulai menentukan sasaran pembaca, tema penulisan, dan menyusun kerangka tulisan supaya enak dibaca nantinya.

Terapkan Disiplin

Semakin sering Anda menulis, maka semakin terlatih juga kemampuan Anda dalam menulis. Untuk menjadi penulis yang produktif, buatlah target menulis dan biasakan diri, contohnya menulis berapa lembar dalam setiap harinya.

Gemar Membaca

Ada pepatah yang berbunyi bahwa membaca itu adalah jendela dunia. Dengan membaca Anda dapat memperoleh banyak ide untuk menulis. Oleh karena itu, sering-seringlah memperkaya pengetahuan inspirasi dari aneka bacaan.

Segera Catat

Inspirasi itu datangnya tiba-tiba tanpa kita ketahui kapan waktunya. Oleh karena itu, siapkan buku atau media catatan lainnya ke mana pun Anda pergi. Jadi, saat Anda mendapat inspirasi bisa langsung dicatat pada media tersebut untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah cerita atau suatu tulisan.

Bergabung ke Komunitas

Jangan ragu untuk bergabung ke komunitas-komunitas penulis. Di sini Anda dapat bertukar pengalaman, mengikuti berbagai pelatihan, serta dapat lebih dekat dengan penerbit.

Mengirim Tulisan

Cobalah mengirim tulisan Anda ke media atau langsung ke penerbit bila Anda telah menyelesaikan sebuah tulisan. Bila tulisan Anda belum dimuat atau belum diterima oleh penerbit, jangan berkecil hati dulu. Jadikan hal tersebut sebagai bahan pembelajaran untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam tulisan Anda.

Teruslah menggali ide untuk menulis dengan tema-tema yang lebih menarik dan jangan berhenti mencoba untuk mengirimkan hasil tulisan Anda. Demikianlah informasi ringan mengenai kiat-kiat menjadi penulis sukses. Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi Anda.

1 Response to "Tips Menjadi Penulis Sukses"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar.