Latest News

Cara Menghemat Air di Rumah

Air bersih telah menjadi "barang mahal" akhir-akhir ini. Konon, Indonesia terancam akan mengalami krisis air bersih pada tahun 2025 nanti. Hal ini dapat terjadi karena pencemaran air di berbagai penjuru sumber air dan borosnya pemakaian air, khususnya di kehidupan rumah tangga.

Nah, bila ingin menyelamatkan pasokan air bersih di bumi ini, maka mulailah untuk menghemat air dari sekarang. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menghemat air di rumah.

Pakai Shower
Gunakan shower untuk menggantikan gayung saat sedang mandi. Pasang kepala shower dengan aliran air yang rendah.

Tampung Air Bekas
Tampung air bekas menyikat gigi untuk menyiram tanaman. Tutup aliran keran saat sedang menggosok gigi.

Keran Air

Tidak Mencuci Setiap Hari
Jangan mencuci setiap hari. Sebaiknya, pastikan kapasitas mesin cuci penuh terlebih dahulu. Baru setelah itu, Anda mulai untuk mencuci pakaian.

Rendam Piring Kotor
Rendam terlebih dahulu piring-piring kotor berkerak dalam air sabun sehingga Anda tidak perlu membilasnya berulang-ulang saat dicuci.

Jangan Buang Tisu Sembarangan
Hindari untuk membuang tisu, puntung r0k0k, dan pembalut di saluran air sehingga bisa membuat air tergenang dan susah untuk mengalir.

Tampung Air Hujan
Tampung air hujan dengan memakai ember atau baskom. Anda juga dapat mengguankannya untuk mencuci mobil atau menyiram tanaman.

Siram Tanaman di Pagi Hari
Siram tanaman Anda pada pagi hari yaitu pukul 6 hingga pukul 10 untuk meminimalisasi penguapan air.

Tanaman Tahan Air
Gunakan tanmanan yang cuma memerlukan sedikit asupan air, khususnya jika Anda berada di daerah kering dan bercurah hujan rendah.

0 Response to "Cara Menghemat Air di Rumah"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar.