Latest News

Persiapan Sebelum Datang ke Bursa Kerja

Persiapan Sebelum Datang ke Bursa Kerja
Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melangkahkah kaki atau datang ke bursa kerja. Bahkan, sebagian hal dari persiapan tersebut mesti sudah dikerjakan beberapa tahun sebelumnya. Nah, berikut ini 8 poin persiapan sebelum datang ke bursa kerja yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Riwayat Hidup

Persiapkan semua data diri Sobat. Buatlah riwayat hidup secara singkat. Rancang dengan tampilan yang sederhana, menarik, namun tetap gampang untuk dibaca.

2. Ijazah dan Sertifikat

Hal lain yang harus disiapkan selain CV adalah ijazah dan sertifikat. Biasanya, perusahaan akan mempertimbangkan IPK dan pencapaian akademik.

3. Portofolio Kerja dan Magang

Pengalaman kerja atau magan selama menjadi mahasiswa akan penting sekali untuk portofolio. Jangan lupa untuk menyertakan surat keterangan dari tempat kerja atau surat keterangan selesai magang. Siapkan juga portofolio karya untuk pekerjaan tertentu.

4. Portofolio Organisasi

Sertakan juga surat keterangan aktif organisasi. Pihak perusahaan tentu mencari mahasiswa-mahasiswi yang aktif di organisasi kemahasiswaan atau organisasi sosial.

5. Sertifikasi Bahasa Asing

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah sertifikasi bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS. Nilai minimal yang mesti dipunyai adalah 450 untuk TOEFL. Sebaiknya kuasai juga bahasa asing lainnya, seperti Mandarin, Jepang, bahasa Arab, dan lain sebagainya.

6. Gadget dan Media Sosial

Media sosial berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi. Sebaiknya jaga tampilan media sosial Sobat supaya tidak merusak citra di mata perusahaan.

7. Keterampilan Berbicara di Depan Umum

Semua latar belakang pendidikan harus menguasai kemampuan untuk berbicara dengan baik. Dengan menguasai hal ini, Sobat bukan cuma lancar ketika merintis, saat memoles perjalanan karier juga semakin cemerlang.

8. Kompetensi

Kompetensi diri yang harus dimiliki secara umum adalah yang berkinerja tinggi, jujur, disiplin, kreatif, loyal, dan sanggup bekerja secara tim.

Nah, itu tadi pengetahuan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melangkah ke bursa kerja. Semoga bermanfaat dan sukses.

0 Response to "Persiapan Sebelum Datang ke Bursa Kerja"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar.